Jumat, 14 Agustus 2015

Fungsi Simulator GNS3 Serta Langkah Demi Langkah Proses Instalasi Dan cara Penggunaan GNS 3 sebgai simulator mikrotic








Sebelum kita mengenali fungsi simulator
gns3,langkah langkahnya dan cara penggunaannya mari kita ketahui terlebih dahulu APA ITU GNS 3..
Lets do it..






Pengertian GNS3
GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 memiliki beberapa komponen yaitu:
a)  Dynamips
Dynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot.Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real.Software ini berbasis CLI dan tidak memiliki mode GUI sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Dynamips mampu berjalan dibeberapa sistem operasi seperti linux dan windows.
b)  Dynagen
Dynagen dibuat oleh Greg Anuzelli merupakan program front-end untuk dynamips yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips.
c)  Qemu
Untuk membuat suatu simulasi jaringan di GNS3 terkadang kita memerlukan keberadaan end user device untuk keperluan test koneksi end to end sehingga simulasi routing menjadi terasa lebih realistic.
d)  WinPCAP
WinPcap adalah tool standar yang digunakan pada industri untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja Windows.

Fungsi simulator GnS-3
GNS3 sering dipakai sebagai simulator router Cisco, Juniper, Mikrotik dan Virtual Machine. Jarang terlihat GNS3 dipakai untuk simulator Switch tentunya yang manageble seperti switch Cisco. Namun bukan tidak mungkin kalau GNS3 dapat dipakai untuk mengsimulatorkan switch.
Walaupun agak memaksa yaitu dengan menggunakan IOS c3640-is-mz.124-21, namun dengan cara ini kita dapat mengsimulatorkan hampir mirip seperti switch manageble minimal untuk konfigurasi VLAN.

Oke.. Kalian Sudah Faham?? Yukk Lanjut lagi :)
Sekarang Kita Bahas Tentang 
STEP BY STEP PROSES INTSALASINYA MELAUI VIRTUAL BOX..

TAHAP 1
  Sebelumnya, pastikan kalian semua sudah mempunyai GNS3, Virtual Box dan ISO Mikrotik, bagi yang belum punya jangan khwatir, itu semua bisa didownload di link bawah ini :


Setelah semuanya didwonload, mari kita buka aplikasi Virtual Boxnya terlebih dahulu.





















SEKIAN DAN SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar